KajianNews

Inilah Salah satu Penyebab Anak Didik Malas Belajar Versi Imam Ibnu Khaldun (2)

Metode yang tidak tepat dalam pembelajaran bukan hanya dapat membuat ketidakefektifan dalam pentransferan ilmu, melainkan juga dapat berefek membuat anak didik malas dalam menuntut ilmu. Lah kok bisa sampai membuat malas? Bukannya malas atau tidaknya anak didik merupakan faktor internal, tidak ada sangkutannya dengan pengajar.

Memang sedemikian, tapi faktor eksternal juga sangat berpengaruh. Dalam konteks ini salah satu dari faktor eksternal adalah metode pengajar yang kurang tepat. Dengan sebab kesalahan dalam metode pengajar dapat menjadikan anak didik malas dalam menyerap ilmu.

Imam Ibnu Khaladun menyatakan bahwa di antara penyebab kemalasan anak didik adalah kekeliruan dalam metode pembelajaran. Beliau melihat masih banyaknya pengajar yang masih keliru dalam metode mengajarnya. Beliau dauh:

وقد شاهدنا كثيراً من المعلمين لهذا العهد الذي أدركنا يجهلون طرق التعليم وإفاداته (مقدمة إبن خلدون)

Artinya: “Saya menyaksikan banyak pengajar yang tidak tahu metode mengajar yang berfaidah.”

Seteleh memberi semacam persaksian, lalu beliau menguraikan kenapa ketika metode pembelajaran keliru bisa membuat malas anak didik. Uraiannya sebenarnya agak panjang. Akan tetapi, ringkasnya sebagaimana ulasan berikut.

Keliru metode pembelajaran dapat membuat anak didik malas. Maksud keliru di sini, seperti pengajar tidak mengikuti tahapan yang telah diuraikan di muka (bagian pertama).

Ia tidak memerhatikan apakah peserta didik masih pemula atau sudah bisa diberikan materi lanjutan; materi sulit. Ia memaksa anak didik pemula untuk memahami materi yang sebenarnya dia belum siap menerimanya, lalu ia mencampur materi-materi ajarnya, tanpa melihat apakah materi tersebut layak untuk pemula atau tidak.

Ia beranggapan dengan cara tersebut sudah tepat. Dan akhirnya, peserta didiknya sama sekali tidak bisa menyerap materi yang ia jabarkan. Ironisnya, sebab kekeliruan metode ini, anak didik tersebut merasa bahwa dia sulit menyerap ilmu. Sebab perasaan sulit menyerap ilmu inilah benih malas belajar tumbuh.

Walhasil, seorang pengajar sebaiknya selalu memerhatikan metodenya dalam pembelajaran. Sebaik apapun materi yang ia persiapkan, kalau tidak memerhatikan metode atau apalagi keliru, dapat menjadikan pembelajaran tidak efektif.

Semoga bermanfaat.

Rujukan: Mukadimah Ibnu Khaldun karya Imam Ibnu Khaldun

Penulis: Syifaul Qulub Amin

Editor: Syifaul Qulub Amin

Comment here